Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Begini!!! Cara Memperkecil Ukuran Video dengan HandBrake

Assalamualaikum Wr Wb


Hallo kawan - kawan, di artikel ini saya akan memberi sebuah tutorial yang sangat unik kepada kalian semua, Hmm ya sebelumnya siapa sih yang ngga suka sama video yang ukuran nya BESAR, Yang dapat menghabiskan storage pada PC atau smartphone, dan itu adalah sebuah masalah bukan ?

Yups, di artikel ini saya akan memecahkan masalah tersebut dengan sebuah Software yang dirilis pada tahun 2003 ini, dan masih berguna hingga sekarang, Nama Software nya adalah HandBrake.HandBrake adalah transcoder open source dan gratis untuk file video, yang dikembangkan Oleh Eric Petit.


Oke Langsung Aja, First


Tanpa basa basi kita langsung meluncur ke Tutorialnya :D



  1. Jika kalian belum punya Software nya, kalian Bisa Download Disini, Jika Sudah Buka HandBrake. Kurang lebih tampilan utama nya seperti ini.
  2. Pilih Open Source atau bisa juga menekan tombol Ctrl + O, lalu pilih video yang ingin kamu Perkecil Ukuranya. Disini saya memilih video yang berukuran 178MB.
  3. Setelah di Open, kalian akan diarahkan ke Halaman pertama dan sudah tersedia video yang kalian pilih tadi beserta keterangannya.
  4. Lalu tentukan lokasi output, dengan cara menekan tombol Browse serta memberi nama pada File Nya.
  5. Setelah Itu, Kita pilih dan ubah Output setting menjadi MP4, lalu pilih preset dan Pilih Fast 1080p30 Ini adalah bagian penting untuk tidak mengubah Resolusi pada video anda.
  6. Setelah selesai mengatur pengaturan yang di atas, Lalu kita masuk ke Tab Video, di menu Video Codec kita Ubah Ke H.264(x264) dengan Framerate 30fps, seperti ini.
  7. Setelah selesai mengatur semua pengaturan video di atas, Make Sure semua udah Oke, Lalu Klik Start Encode untuk memulai Proses Encoding.
  8. Setelah memulai proses Encoding, kita tunggu prosesnya, ngga lama kok :), sesuai Ukuran Video aja Hehe.....
  9. Setelah proses Selesai, Kita lihat hasil nya, Kalau Hasil saya ukuran yang asalnya 178MB setelah diperkecil menjadi 4MB.
    Ukuran yang sangat kecil Bukan ?
Yups , Mungkin itu Tutorial yang saya berikan kepada kalian, semoga bermanfaat bagi kalian semua, Jika kalian memiliki pertanyaan Silahkan Berkomentar Di bawah, dan jika Belum punya softwarenya Link Download Sudah tersedia Di Atas dan Di Bawah, Terima Kasih dan tetap Semangat :)

Cara Download (IMPORTANT !!!)
  1. Isi reCAPTCHA 
  2. Tunggu 5 Detik
  3. Get The Files, Done
Download HandBrake 32 & 64 Bit : Here <----

Wassalamualaikum Wr Wb


See U In The Next Content Bye Bye !!!

2 komentar untuk "Begini!!! Cara Memperkecil Ukuran Video dengan HandBrake"