Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Komputer : Pengertian, Manfaat, dan Siapa Penemunya

sejarah-komputer-singkat

kangajat.com - Hallo kawan-kawan, Apa kabar? Semoga selalu diberi kesehatan oleh Allah Subhanahuwataa'la Aamiin, Rasanya saya sudah sangat lama tidak membuat artikel,  Oke jadi di artikel kali ini saya akan membuat suatu artikel yang InsyaAllah bermanfaat bagi kalian semua, Jadi yang akan dibahas itu tentang Komputer : Pengertian, Manfaat, dan Siapa Penemunya.

Beberapa orang memiliki pendapat masing - masing yang dimana komputer adalah alat untuk bekerja, bermain game, dan pernyataan - pernyataan lainnya, pernyataan diatas memang benar komputer adalah alat untuk membantu seseorang untuk melakukan pekerjaan dan lain lain, Itu adalah sekedar Fungsi, tetapi di Artikel ini kita akan bahas tentang ; 

Definisi Komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. 

Dari asal katanya "to compute" komputer berarti alat penghitung. Ternyata sekarang komputer tidak hanya berguna sebagai alat hitung saja, tetapi sudah meluas fungsinya.

Komputer bekerja memiliki 3 (tiga) aspek dasar yaitu ; 
  1. Hardware
  2. Software 
  3. Brainware
Konsep Hardware - Software - Brainware adalah merupakan konsep tri - tunggal yang dimana konsep ini tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukan program terlebih dahulu kedalam komputer. Setelah program tersimpan didalam komputer, maka komputer baru bisa melakukan atau membantu pekerjaan atau persoalan manusia.

Latar Belakang Komputer

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat - alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam perhitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah salah satu evolusi panjang dari penemuan - penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukung lainnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. 

Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kasir supermarket. yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman dahulu hingga saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 (empat) golongan besar, yaitu ;
  1. Peralatan Manual yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
  2. Perlatan Mekanik yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
  3. Peralatan Mekanik Elektronik yaitu peralatan mekanik yang digerakan secara Otomatis oleh motor elektronik.
  4. Peralatan Elektronik yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh, jika tanpa daya yang memberinya, maka alat ini tidak akan aktif.

Manfaat Komputer 

Pada mulanya manusia membuat komputer hanya untuk membantu pekerjaan manusia dalam bidang perhitungan aritmatika atau matematika. Sesuai dengan perkembangannya, komputer bukan lagi dikhususkan untuk melakukan pengolahan perhitungan saja, tetapi komputer saat ini dapat digunakan hampir segala bidang.

Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai sebagai alat bantu menulis, mengedit foto, menggambar, memutar audio, memutar video, dan lain - lain.
  • Di bidang industri
Komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin - mesin produksi dengan kecepatan tinggi, sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual.
  • Di bidang pendidikan
Selain dijumpai sebagai alat bantu pelajaran, banyak peralatan laboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih teliti dan akurat.
  • Di bidang bioteknologi
Peralatan - peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Perusahaan Australia telah mengembangkan robot untuk keperluan bioteknologi. Banyak kendaraan terbaru yang telah dilengkapi sistem komputer.

Mungkin itu manfaat komputer di berbagai bidang dan seakan - akan manfaat komputer dan fungsi - nya akan meluas seiring berkembangnya zaman.

Lintasan Sejarah Komputer

Komputer adalah alat yang dipergunakan untuk mengolah, memanipulasi, mengeksekusi data dengan cara atau aturan yang telah ditentukan, komputer juga dapat di definisikan dengan sebuah alat elektronik yang memiliki beberapa komponen yang bekerja sama. Lantas apa pertanyaannya ?

Siapa yang Menemukan Komputer

Penemu komputer pertama kali adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali, yang telah banyak memberikan karya kehidupan kepada kehidupan manusia hingga saat ini, yang dimana komputer sangat membantu kehidupan manusia dari hal yang terkecil, dan penemuannya ini digunakan hingga saat ini.

sejarah-komputer-singkat
Charles Babbage (1791 - 1871)

Babbage juga dijuluki Bapak Komputer, The Charles Babbage Foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuannya terhadap dunia komputer.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian, Komputer : Pengertian, Manfaat, dan Siapa Penemunya. Semoga bermanfaat untuk kalian, Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jangan lupa bagikan kepada teman - teman kalian yang ingin tau, Jika ada yang ingin ditanyakan terkait Artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar, Dukung terus Website saya, agar saya semangat membuat Artikel yang bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Komputer : Pengertian, Manfaat, dan Siapa Penemunya"