Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu Bottleneck? Penyebab dan Cara Mengeceknya

apa-itu-bottleneck-penyebab-dan-cara-mengeceknya

kangajat.com - Halo dulur, pada artikel kali ini saya akan membahas suatu kendala yang sering terjadi pada komputer, bottleneck dapat disebabkan oleh faktor-faktor tertentu dan pada artikel ini kita akan bahas Apa itu Bottleneck? Penyebab dan Cara Mengeceknya, maka dari itu mari simak penjelasannya di bawah.

 

Apa itu Bottleneck?

apa-itu-bottleneck-penyebab-dan-cara-mengeceknya
Konsep Bottleneck

Bottleneck, merupakan suatu kendala pada perangkat yang menyebabkan tersumbatnya aliran transmisi pada data karena faktor-faktor tertentu, biasanya bottleneck ini dapat disebabkan melalui beberapa faktor seperti perbedaan antara kecepatan kerja suatu komponen pada suatu komputer atau dari faktor lain. 

Bottleneck pada Hardware

Melansir dari gemaroprek.com, Pastinya tidak ada seseorang yang menginginkan bottleneck pada komputernya, tetapi dapat diprediksi jika suatu komponen memiliki kecepatan yang berbeda dengan komponen lain. bottleneck ini tidak ada hubungannya dengan system, meski akibatnya akan berpengaruh juga pada system.

Bottleneck pada Networking

Masih melansir dari sumber yang sama. bottleneck tidak hanya dalam Hardware Komputer. Istilah ini dapat diartikan jika action di drop, maka kemungkinan connection statenya akan terus menempel di Mikrotik, jika tidak kuat maka akan terjadi Flooding. Flooding ini, merupakan suatu keadaan sebuah Router yang dibanjiri oleh akses secara terus menerus sehingga terjadi bottleneck, maka Router Mikrotik tersebut akan hang (macet beroperasi).

Penyebab Bottleneck

Penyebab bottleneck ini tentu sangat berbeda-beda, salah satunya yakni Hardware. Sudah dijelaskan di atas bahwasannya bottleneck bisa terjadi karena perbedaan kecepatan pada setiap komponen yang ada pada komputer, dan jika sebuah perangkat berkinerja tinggi digabungkan dengan perangkat yang memiliki kinerja rendah, maka akan terjadi bottleneck ini. Misal seperti ini, saya memiliki spesifikasi komputer dengan Processor, RAM yang mumpuni, tetapi dari segi VGA di bawah rata-rata, maka kinerja yang akan dihasilkan tidak akan sempurna, terutama bagi kalian para penggiat game.

Dilansir dari intel.co.id, bahwa PC yang seimbang adalah PC dengan perangkat keras (hardware) yang tepat untuk beban kerja yang akan dihadapinya, seperti gaming, yang harus dirancang untuk menghindari "bottleneck." Dengan PC yang seimbang ini, komponen tersebut akan mencapai tingkat kinerja yang ditujukan untuk mereka, tanpa salah satu komponen tidak dimanfaatkan secara maksimal atau bekerja terlalu berat. Ini berarti pengalaman bermain game yang lebih baik dan pengalaman pengguna yang lebih baik secara umum.

Cara Mengecek Bottleneck

Jika terdapat penyebab, pasti terdapat pengatasan. Lantas, bagaimana cara mengecek bottleneck, untuk mengecek bottleneck Anda dapat menggunakan sebuah tools online yang dinamakan Bottleneck Calculator, sesuai nama tools ini dapat digunakan untuk menghitung perkiraan kinerja antar komponen sebelum menentukan ada atau tidak bottleneck pada sebuah komputer. Caranya yakni Anda sebagai user harus tau spesifikasi komputer terutama komponen-komponen yang tertanam pada komputer Anda.

Nah itulah artikel kali ini yang membahas perihal bottleneck atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah hambatan leher botol. 

Akhir Kata

Bottleneck, merupakan suatu kendala pada perangkat yang menyebabkan tersumbatnya aliran transmisi pada data karena faktor-faktor tertentu, bottleneck juga dapat menurunkan kinerja dari komputer dampak yang sangat jelas yakni proses transfer data yang terasa lambat, dan masih banyak dampak negatif lainnya. Mungkin itulah isi dari artikel Apa itu Bottleneck? Penyebab dan Cara Mengeceknya, semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen.

1 komentar untuk "Apa itu Bottleneck? Penyebab dan Cara Mengeceknya"