Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Amazon Web Services (AWS)

mengenal-amazon-web-services-aws

kangajat.com - Halo dulur Kang Ajat, pada artikel kali ini mau sedikit bahas perihal salah satu layanan komputasi cloud yakni AWS, karena saya masih awam perihal layanan komputasi cloud ini, saya akan melansir dari beberapa sumber perihal AWS, nah pada artikel Mengenal Amazon Web Services (AWS) kita akan bahas singkat.

Apa itu Amazon Web Services (AWS)?

Melansir dari aws.amazon.comAmazon Web Services (AWS) merupakan platform cloud paling komprehensif dan digunakan sangat luas di dunia, yang menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan secara lengkap dari pusat data secara global, jutaan pelanggan termasuk dengan startup dengan pertumbuhan tercepat, perusahaan terbesar, serta lembaga pemerintah terkemuka-menggunakan AWS untuk memangkas biaya, menjadi lebih sigap dan berinovasi lebih cepat. 

Seperti dilansir laman codepolitan.comAWS memberikan banyak pilihan layanan yang sangat memudahkan dalam membangun bisnis. Infrastructure as a service, merupakan sebuah istilah untuk AWS.

Beberapa layanan AWS telah didesain agar memudahkan pengguna, contohnya Elastic Compute Cloud atau EC2. Dan pada dasarnya EC2 merupakan server virtual. Kemudahan yang ditawarkan oleh EC2 yaitu jika kita bandingkan dengan server tradisional.

Dan pada server tradisional, selaku pengguna kita harus mengetahui secara detail spesifikasi server yang kita inginkan seperti apa, support, spare part, penempatan data center, yang pastinya proses tersebut bukanlah proses yang mudah untuk dilakukan. Jika kita menyiapkan banyak server, akan tetapi untuk kebutuhan komputasi tidak terlalu banyak, maka ini akan menghamburkan biaya, dan jika kita menyiapkan sedikit server, akan tetapi kebutuhan komputasi sangat banyak maka ini tidak akan berjalan dengan normal, dan pasti akan mengganggu. Maka dari itu kita harus menentukannya agar seimbang. 

Siapa yang menggunakan AWS

Masih melansir dari codepolitan.com. Netflix, Slack, dan Airbnb merupakan contoh para pengguna AWS, mereka menggunakan Global Deployment untuk menjangkau pengguna di seluruh dunia. 

Kapan harus menggunakan AWS

Seperti yang di katakan pada lama codepolitan.com. Airbnb menggunakan AWS sejak pertama kali bisnis mereka dijalankan, bisnis seperti Airbnb pasti akan berkembang pesat, dan harus memiliki layanan penyedia cloud yang cepat. Cepat yang dimaksud yakni bagaimana Airbnb memiliki ketersediaan server. Pada ketika membutuhkan 100 server, AWS bisa melakukannya dengan mudah dan dalam hitungan menit. Pada proses scaling sangat berdampak pada berjalannya bisnis, dan kita tidak membuat kesalahan pada aplikasi yang kekurangan server atau server yang tidak dapat menerima request.

Jika Anda mengetahui layanan Netflix, maka Netflix telah bermigrasi pada tahun 2009 dari layanan tradisional ke layanan komputasi cloud milik AWS. Jika sudah mengalami berbagai kendala dan pernah mengalami sulitnya berhadapan dengan data center tradisional, maka dengan bermigrasi ke layanan komputasi milik AWS, pasti akan terasa lebih nyaman, karena tidak perlu terlalu terpacu pada server dan tidak diperlukannya standby di Data Center.

Jika cakupan bisnis Anda seluruh dunia, AWS lah salah satu provider cloud yang dapat membantu mewujudkan cita-cita Anda.

Kenapa harus AWS?

Nah, AWS ini selain memberikan kemudahan kepada para pengguna, salah satu keutamaan dari AWS ini adalah fitur "pay as you go", yaitu bayar ketika dipergunakan. Seperti AWS EC2, pricing model yang digunakan adalah per jam untuk jenis deployment on-demand. Dan untuk Kinesis Streams adalah shard hour, PUT Payload Unit, serta extended data retention. AWS juga menyediakan simple monthly calculator yang dapat Anda gunakan untuk menghitung pengeluaran biaya yang harus Anda keluarkan. 

Dengan biaya yang cukup murah, kita diberikan layanan yang powerful, sebagai contoh kinesis streams, tanpa perlu me-manage aplikasi streaming seperti apache kafka, kita dapat memecahkan suatu masalah yang sama dengan waktu yang relatif singkat. Dengan efek kita dapat men-deliver fitur lebih cepat, serta kita dapat lebih fokus pada pengguna, fokus pada bisnis, serta tidak perlu memikirkan "scaling." Berikut lansiran melalui codepolitan.com.

Nah berikutlah poin-poin yang dapat saya berikan perihal layanan komputasi cloud AWS ini, semoga dengan adanya AWS, Indonesia dapat lebih unggul dalam bidang startup dan pengembangan bisnis. 

Akhir Kata

Amazon Web Services (AWS) merupakan sebuah layanan komputasi cloud yang komprehensif dan dikenal di dunia, dengan adanya AWS ini unggul dalam 200 layanan lebih yang ditawarkan, jutaan pelanggan, nah jadi itu pembahasan singkat perihal Amazon Web Services (AWS) pada artikel Mengenal Amazon Web Services (AWS). Gimana tertarik menggunakan AWS? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Amazon Web Services (AWS)"