Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Headset Type C Tidak Terdeteksi? Coba 5 Cara Ini!

headset type c tidak terdeteksi

Halo sobat kangajat.com - Headset ialah suatu fitur elektronik yang berperan buat menyalurkan suara dari sesuatu fitur mengarah sang pendengar. Di mari sumber suara berasal dari fitur hp, setelah itu hendak disalurkan lewat perantara headset serta hendak diterima kuping pendengar. Tidak hanya selaku perlengkapan penyalur suara, headset pula bisa jadi mikrofon yang baik.

Headset ini kerap kali digunakan kala seorang tengah bermain permainan, meski dapat pula digunakan kala mencermati musik. Headset ini dapat digunakan nyaris pada segala fitur elektronik semacam laptop, smartphone, radio serta yang lain. Tetapi, headset ini senantiasa digunakan di fitur laptop serta smartphone, buat mendukung aktivitas dari kedua fitur ini.

Meski terkesan simpel, fitur ini pula tidak luput dari permasalahan. Kasus yang kerap dialami oleh fitur ini ialah headset tidak ditemukan oleh fitur laptop ataupun juga smartphone. Perihal ini terjalin kala kamu menyambungkan headset ke laptop, tetapi datang– datang tidak terdengar suara.

Ya, walaupun terdengar lumayan sungguh- sungguh, kasus semacam ini senantiasa saja terdapat solusinya. Permasalahan ini dapat saja penyebabnya bersumber dari headsetnya ataupun juga dari sumber suara entah itu laptop ataupun juga smartphone. Apabila kamu saat ini mempunyai permasalahan headset yang tidak ditemukan di hp, berikut ini kami bagikan sebagian pemecahan dari kasus tersebut. 

Cara Mengatasi Headset Type C Tidak Terdeteksi

headset type c tidak terdeteksi

1. Mengganti Jack

Di dalam headset ada komponen yang memiliki sifat yang elastis, komponen tersebut adalah Jack. Audio Jack ini terletak di bagian konektor. Sehingga jika terdapat masalah pada konektor, maka secara otomatis headset tidak akan terdeteksi oleh device.

Apabila penyebab tidak terdeteksi headset di hp adalah Jacknya, maka solusinya adalah menggantinya. Karena Jack lama sudah tidak memiliki fungsi yang baik. Dengan mengganti jack tersebut, maka kemungkinan Jack audio akan kembali memiliki sensor yang baik. Untuk mengganti jack tersebut Anda bisa membawanya ke jasa servis terdekat, jika anda memiliki kemampuan memperbaikinya, coba perbaiki sendiri di rumah.

2. Membersihkan Lubang Jack

Sehabis menanggulangi Jack audio pada headset yang bermasalah, terdapat pula pemecahan dari headset yang tidak dapat ditemukan di hp. Solusinya merupakan dengan mensterilkan lubang Jack audio pada hp. Ya, dapat jadi permasalahan ini diakibatkan oleh kotoran yang menumpuk, sehingga aliran listrik tidak berjalan. Buat itu solusinya cumalah membersihkannya sampai benar– benar bersih dari debu yang melekat.

Buat membersihkannya kamu dapat memakai cotton bad ataupun Jack audio headset itu sendiri. Kemudian, gimana metode melaksanakannya. Triknya sangat gampang, yakinkan hp dalam kondisi mati. Kemudian, silakan kamu bagikan Jack audio headset ataupun juga cotton bad dengan alkohol. Terakhir usap– usap pada lubang Jack audio pada hp kamu. Jalani metode ini sampai benar– benar bersih.

3. Reset Pabrik Handphone

Jika semua tahapan telah Anda coba, tetapi hasilnya tetap nihil. Silakan coba cara ini, karena biasanya ampuh pada beberapa device, karena guna fungsi reset pabrik yakni mengubah atau mengatur semua pengaturan ke semula, maka pengaturan apapun akan kembali seperti semula. 

4. Menggunakan Aplikasi SoundsAbout

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, mungkin dapat membantu Anda untuk mengatasi Headset Type C yang tidak terdeteksi pada perangkat laptop ataupun smartphone, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah:

  • Instal terlebih dahulu aplikasi SoundsAbout 
  • Silakan buka aplikasi SoundsAbout
  • Pilih menu Connectable Device, lalu pilih Wired Headset Settings
  • Aktifkan menu Wired Headset Detection

Seharusnya pada saat Anda menghubungkan headset ke device, maka device akan mendeteksi perangkat yang masuk. 

5. Pergi ke Tempat Servis

Ini merupakan cara paling ampuh menurut saya wkwk, karena memang saya akui mamang servis ini memang ahli dalam memperbaiki perangkat-perangkat, terkhusus memperbaiki headset ini.

Jangan coba-coba untuk memperbaiki handphone Anda dengan sendiri, terutama jika Anda memiliki kemampuan tersebut, jika tidak DWYOR saja. 

Kesimpulan

Jika jenuh dengan sesuatu pasti kita ingin refreshing, mendengarkan lagu memang refreshing, terutama menggunakan perangkat tambahan seperti headset, ini akan membuat Anda lebih rileks. Tetapi, bagaimana jika headset tersebut tidak berfungsi, maka memperbaikinya adalah jalan keluar.

Akhir Kata

Demikian tulisan yang dapat saya sajikan pada artikel dengan judul Headset Type C Tidak Terdeteksi? Coba 5 Cara Ini! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

2 komentar untuk "Headset Type C Tidak Terdeteksi? Coba 5 Cara Ini!"

  1. Nah jadi tau saya cara mengatasinya kang, kmrin2 sering gitu soalny, kdang kedengaran, tapi suaranya kecil

    Dah ganti, masih juga. Baiklah nanti saya coba tipsnya kang, seomoga work kang

    BalasHapus