Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Perbedaan Akurasi dan Presisi

perbedaan-akurasi-dan-presisi

kangajat.com - Halo dulur Kang Ajat, kali ini saya akan bahas salah satu hal unik yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya, toh saya juga dapet dari mata kuliah hehe. Oke jadi topik bahasan pada artikel kali ini saya akan bahas tentang Apa Perbedaan Akurat dan Presisi.

Prolog

Menurut kebanyakan orang, akurasi dan presisi ini memiliki arti yang sama. Namun, jika menurut orang yang melibatkan suatu pengukuran atau mencari suatu nilai-nilai tertentu, kedua ini sangatlah berbeda. Akurasi sendiri mengarahkan ke suatu kondisi yang mendekati benar, sedangkan presisi ini mengarah kepada suatu kondisi yang pasti. 

Dan pada pengukuran kita diwajibkan mengetahui perbedaan kedua tersebut, serta kapan kita dapat menggunakan kedua hal tersebut. 

Perbedaan Akurasi dan Presisi

perbedaan-akurasi-dan-presisi

Akurasi 

Akurasi sendiri mengarah kepada seberapa dekat angka pendekatan/pengukuran terhadap nilai sebenarnya. Akurasi sendiri menjangkau pengukuran aktual mendekati ukuran standar, yakni tepat sasaran. Maka semakin mendekati ukurannya, semakin tinggi juga nilai akurasinya. 

Presisi

Presisi sendiri mengarah pada keseragaman dan pengulangan pada pengukuran. Presisi ini merupakan derajat keunggulan dari suatu teknik yang digunakan untuk mendapatkan hasil.

Presisi sendiri merupakan jumlah angka signifikan yang menyatakan suatu besaran dan penyebaran dari nilai-nilai yang terbaca dari suatu alat ukur. 

Akhir Kata

Nah, itulah perbedaan dari akurasi dan presisi, jangan ketuker lagi ya hehe, mungkin itu isi dari artikel Apa Perbedaan Akurasi dan Presisi. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Apa Perbedaan Akurasi dan Presisi"

  1. Hem jadi sedikit mengerti tentang akurasi kang, ternyata ada perbedaan ya kang dari kedua nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, begitulah Kang perihal akurasi dan presisi hehe.

      Hapus