Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

3+ Jenis Printer HP Deskjet Terbaik untuk Usaha Percetakan!

jenis printer hp deskjet

Halo sobat kangajat.com - Di dalam dunia percetakan, kita dapat mengenal banyak jenis-jenis printer yang antara lain jenis Inkjet, Deskjet, atau Dotmatrix, printer jenis Dotmatrix sendiri merupakan awal dari penemuan printer modern saat ini, namun saat ini printer dengan jenis tinta atau Inkjet lebih populer, mengapa? Karena printer ini lebih praktis dan populer juga untuk usaha percetakan.

Pada saat ingin membeli printer, seringkali kita disuguhkan merk, tipe oleh sang sales. Guna dapat membandingkan harga dan spesifikasinya dengan merk dan tipe lain, seperti merk printer yang akan kita bahas saat ini yakni printer HP Deskjet.

Deskjet sendiri merupakan nama yang diberikan oleh produsen komputer HP. Berkat itu, nama printer ini lebih tenar dibandingkan HP selaku merk utamanya, karena di pasaran sendiri printer dengan jenis ini lebih populer disebut Deskjet.

HP Deskjet juga sama persis dengan jenis Inkjet lainnya, dikarenakan menggunakan tinta sebagai media pewarnaan. Baik Inkjet ataupun Deskjet juga sama menggunakan metode penyemprotan dari printhead printernya. Namun apa yang membedakan Inkjet dan Deskjet?

Deskjet akan membersihkan tinta dengan cara menghisap tinta ketika proses percetakan berlangsung, melainkan pada Inkjet sendiri seperti Canon atau Epson, ia akan mengeluarkan aliran pada saat proses pembersihan.

3+ Jenis Printer HP Deskjet Terbaik

jenis printer hp deskjet

Nah, pada poin ini saya akan memaparkan sedemikian rupa 5 Jenis printer Deskjet ini, oh ya memang secara spesifik printer dengan jenis Deskjet ini terbagi menjadi 3 macam lagi yakni HP Deskjet, HP Deskjet Ink Advantage, HP Deskjet Ink Advantage Ultra, serta HP Deskjet GT.

1. HP Deskjet

Tipe yang pertama bisa kita sebut sebagai tipe printer standar dari produk printer HP ini. Memang tipe ini digunakan untuk kepentingan individual seperti mengerjakan tugas. Fitur yang disediakan juga cukup standar, namun jangan salah printer ini juga memiliki kualitas cetak yang luar biasa dan bisa dibandingkan dengan produk lain.

HP Deskjet ini dapat mencetak gambar dengan resolusi tinggi yakni 4800 x 1200 dengan catatan input gambar yang akan dicetak juga resolusi tinggi, pokoknya fitur-fitur yang ditawarkan pasti sesuai dengan harganya dan spesifikasinya.

Meski disebut standar, printer ini juga mendukung proses multifungsi, dalam artian selain dapat mencetak dokumen dari komputer, printer ini juga dapat melakukan scan dan fotocopy. Printer yang termasuk ke dalam kategori Deskjet yakni :

  • HP Deskjet 2622(Rp 750.000 - Rp 1,7 jt)
  • HP Deskjet 2621(-+ Rp 700.000)

2. HP Deskjet Ink Advantage

Tipe ini merupakan tipe update-an setelah tipe sebelumnya, seperti biasa di mana ada peningkatan, terdapat fitur-fitur tambahan yang disisipkan di printer tipe ini.

Printer dengan tipe ini telah dibekali konektivitas tanpa kabel(wireless) yang di mana memungkinkan pengguna tidak usah repot-repot mencetak kabel via USB, hanya dengan konektivitas tanpa kabel sudah dapat mencetak dokumen, memungkinkan Anda lebih praktis saat mencetak dokumen, fitur ini disebut ePrint.

Hebatnya lagi fitur ePrint ini memungkinkan pengguna dapat mencetak dokumen melalui smartphone, tablet, atau bahkan perangkat yang memiliki konektivitas wireless juga.

Untuk sistem tinta yang disajikan, printer ini masih menggunakan catridge. Namun, jangan khawatir Catridge para produk HP ini harganya terbilang cukup terjangkau, printer ini sangat cocok untuk individual, kantoran, atau bahkan para pemilik usaha percetakan.

Printer HP Deskjet Ink Advantage yang saya sarankan yakni tipe HP Deskjet Ink Advantage 3635 yang diberi harga mulai dari 1,1 jt an saja.

3. HP Deskjet Ink Advantage Ultra

Memang pada dasarnya tipe Ink Advantage Ultra ini memiliki fitur serta spesifikasi yang sama dengan tipe Ink Advantage, tetapi ada 1 poin yang membedakan yakni versi Advantage hanya mampu mencetak 1000 halaman per catridge, maka pada versi Ultra ini kita dapat mencetak 1500 halaman per catridge.

Melainkan, fitur seperti wireless dan fitur multifungsi masih tersedia di printer ini, melihat dari kualitas mencetak. Printer ini cukup unggul karena dilihat dari hasil cetakan beresolusi tinggi yang tajam. 

Meskipun menggunakan konektivitas wireless, printer ini juga menyediakan konektivitas menggunakan USB 2.0 Hi Speed yang dapat Anda gunakan sebagai konektivitas via komputer dengan menggunakan kabel. Menurut saya sendiri printer dengan tipe ini sangat cocok untuk individual, kantoran, serta usaha percetakan. 

Maka printer tipe Ink Advantage Ultra yang saya sarankan ialah Printer HP Deskjet Ink Advantage Ultra 2529 yang dibanderol harga mulai dari Rp 1,5 jt an. 

4. HP Deskjet GT

Nah, ini merupakan tipe terakhir pada Deskjet series, yakni HP Deskjet GT. Dari beberapa tipe yang telah dibahas, rupanya tipe ini yang masuk kategori istimewa, mengapa demikian? Dikarenakan printer ini memiliki spesifikasi dan fitur yang terbilang cukup lengkap.

Salah satu fitur menarik yang dibekali pada tipe GT ini yakni adanya sistem Infus, tentunya hal ini berbeda dari tipe Deskjet sebelumnya yang di mana sistem Catridge masih menjadi pilihan, namun dengan adanya sistem infus ini dapat lebih menghemat penggunaan tinta. 

Tidak hanya itu, printer ini juga sanggup mencetak 5000 halaman, sehingga jika kita hitung biaya mencetak per halaman yakni Rp 17 per halaman untuk hitam putih dan Rp 32 per halaman untuk berwarna. Bagaimana untuk sistem konektivitas? Tepat, printer ini memiliki sistem konektivitas yang sama seperti tipe-tipe sebelumnya, terdapat pilihan untuk wireless dan konektivitas melalui USB 2.0.

Fitur yang tersedia pun sama yakni multifungsi yakni fitur Scan, Print, dan Copy yang telah dibekali pada printer ini. Sehingga printer ini cukup efektif untuk individual, kantoran, hingga usaha percetakan. Terdapat 2 printer yang saya sarankan pada tipe GT ini yaitu :

  • HP Deskjet GT 5810(Rp 2.2 jt)
  • HP Deskjet GT 5820(Rp 2,8 jt)

Nah, bagaimana dari sekian tipe printer yang telah dipaparkan, apakah ada salah satu printer yang menjadi pilihan Anda? Kalau bingung pilih yang mana, komen aja di bawah. 

Kesimpulan

Maka dari sekian poin yang telah dibahas, dapat saya tarik kesimpulan bahwa bagi Anda yang sedang mencari referensi printer, coba sesuaikan dulu dengan kebutuhan Anda, apakah printer tersebut digunakan untuk individual, kantoran atau usaha percetakan? Karena setiap printer memiliki spesialisasi yang berbeda-beda.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tipe printer yang menurut saya cocok untuk individu, kantoran, bahkan usaha percetakan, sebelum membeli printer Anda juga dapat mempertimbangkan dulu dengan kebutuhan Anda, pertimbangkan juga spesifikasi serta harga dari printernya. 

Mungkin itu tulisan yang dapat saya paparkan pada artikel dengan judul 3+ Jenis Printer HP Deskjet Terbaik untuk Usaha Percetakan! Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "3+ Jenis Printer HP Deskjet Terbaik untuk Usaha Percetakan!"