Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bahasa Pemrograman Python : Pengertian, Sejarah, Keunggulan dan Kekurangannya

bahasa pemrograman python

Halo sobat kangajat.comBahasa Pemrograman Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat melakukan eksekusi terhadap sejumlah instruksi secara multi guna secara langsung(interpretasi) dengan metode OOP, rumornya Python merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah dipahami. Python sendiri dibuat oleh Programmer asal Belanda yang bernama Guido Van Rossum.

Pada era yang serba digital ini, segala profesi yang berkesinabungan dengan teknologi pasti dianggap menjanjikan untuk kedepannya, begitupun menjadi seorang programmer. Jika Anda benar-benar menekuni profesi ini, akan ada banyak hal yang dapat Anda ciptakan, seperti software, aplikasi berplatform Android, IoT, dan lain-lain.

Memang untuk menciptakan itu semua, tidak hanya berdiam diri, tetapi kita harus menekuni bahasa pemrograman, memang ada banyak sekali bahasa pemrograman untuk dipelajari, namun banyak pula orang yang merekomendasikan mempelajari bahasa pemrograman ini, bahwa banyak orang berasumsi Python ini lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Masih kepo? Baca terus tulisannya!

Bahasa Pemrograman Python

bahasa pemrograman python

Python ialah salah satu bahasa pemrograman yang dapat mengeksekusi instrusi dengan multi guna secara langsung(interpretasi) dengan menggunakan metode OOP, serta menggunakan semantik dinamis untuk meningkatkan keterbacaan syntax atau makna.

Sebagian lain mengatakan bahwa Python merupakan bahasa yang memiliki kemampuan menggabungkan kapabilitas, dan sintaksis kode, serta dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka yang besar dan kompherensif, meski Python sendiri merupakan bahasa pemrograman yang kompleks, namun Python sendiri dirancang sedemikian rupa agar mudah dipelajari dan dipahami.

Python sendiri dapat menampilkan fitur-fitur menarik yang mendorong Anda untuk mempelajari bahasa Python ini, bahasa pemrograman ini memiliki standar atau tata bahasa yang sangat mudah dipahami, Python juga memiliki sistem pengelolaan memori dan data secara otomatis, modul yang disediakan pun selalu mendapatkan update, Python sendiri banyak diaplikasikan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, MacOS, Android, dll.

Sejarah Dikembangkannya Bahasa Pemrograman Python

Python dibuat dan dikembangkan oleh Guido Van Rossum, yakni seorang programmer berdarah Belanda, pembuatannya sendiri berlangsung di Amsterdam pada tahun 1990, lima tahun setelahnya, Python dikembangkan lagi guna dapat kompatibel. Kemudian, pada awal tahun 2000 an, terdapat pembaharuan versi Python hingga mencapai versi 3 hingga saat ini.

Pengambilan nama Python sendiri yakni diambil dari acara TV yang lumayan populer yang bernama Mothy Python Flying Circus yang merupakan sebuah acara sirkus favorit Guido Van Rossum.

Keunggulan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Python

Banyak sekali orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman ini, karena dianggap mudah untuk dipelajari dan dipahami, bahkan oleh pemula sekalipun, kode-kode yang ada di dalamnya dapat dengan mudah dibaca dan dapat menjalankan banyak fungsi kompleks dengan mudah, karena banyaknya standard library.

Maka pengembangan program juga dapat dilakukan dengan cepat dengan kode ringkas, bahkan saking hebatnya Python dapat membuat program yang berskala rumit menjadi sangat mudah. Python sendiri mendukung multi-platorm serta multi-system, serta memiliki sistem pengelolaan memori otomatis seperti bahasa Java.

Tetapi, sayangnya bahasa Python ini cukup lambat untuk dijalankan. Untuk pengembangan platform Android dan iOS juga belum support, serta Python juga memiliki batas untuk mengakses basis data. Selain itu Python juga kurang cocok untuk melakukan tugas yang memakan banyak alokasi memori dan multi-tasking.

Kesimpulan

Bahasa Pemrograman ini merupakan bahasa yang dirancang dan dikembangkan oleh programmer asal Belanda yakni Guido Van Rossum, dapat dibilang menyimpan banyak fitur-fitur unik yang mendorong untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut, tak hanya fitur bahasa ini juga dapat dengan mudah dimengerti dan dipelajari.

Bahasa pemrograman ini juga dapat menjalankan multi guna secara langsung(interpretasi) dengan menggunakan metode OOP.

Akhir Kata

Memang pada zaman yang serba teknologi ini mendorong kita untuk mempelajari berbagai bidang keilmuan yang ada hubungannya dengan teknologi, terkhusus programmer. Seperti sang programmer Belanda yang merancang dan mengembangkan bahasa pemrograman ini.

Dengan kode-kode yang dapat dengan mudah dibaca dan dipahami mendorong para pelajar untuk giat mempelajari, terutama disuguhkan dengan beberapa fitur menarik.

Mungkin itulah tulisan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Bahasa Pemrograman Python : Pengertian, Sejarah, Keunggulan dan Kekurangannya. Selamat belajar!

Posting Komentar untuk "Bahasa Pemrograman Python : Pengertian, Sejarah, Keunggulan dan Kekurangannya"