Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

SSD M.2 NVMe Terbaik dan Berkualitas untuk Anda!

ssd m.2 nvme terbaik

Halo sobat kangajat.com - SSD dengan tipe konektor M.2 telah hadir bak pahlawan guna memberikan kenyamanan dan pengalaman terbaik bagi para pengguna Komputer/Laptop, dibandingkan menggunakan HDD pada Komputer/Laptop. Namun, SSD dengan tipe konektor M.2 ini memiliki standar yang berbeda seperti PCI Express 3.0 x 4 atau SATA 3.0. Maka dari itu saya akan menyampaikan beberapa SSD M.2 NVMe Terbaik yang dapat Anda jadikan referensi.

Artikel ini akan mengulas beberapa poin yang mencakup tentang SSD, seperti tips memilih SSD dengan tipe konektor M.2, dan akan saya rekomendasikan beberapa SSD terbaik dengan brand/merk yang berbeda-beda, agar tidak bingung Anda dapat membaca dan menaruh komentar pada kolom komentar.

Konektor M.2 Menjamin Terjadinya Transfer Data dengan Kecepatan Tinggi

SSD M.2 ini merupakan penerus mSATA akibat diperlukannya ukuran SSD yang lebih tipis dan memiliki kecepatan transfer tinggi. SSD dengan koneksi M.2 ini cocok dengan ATA 3.0, PCI Express 3.0, dan USB 3.0. Saat ini, konektor M.2 dapat melakukan transfer data lebih cepat dibandingkan mSATA dan HDD pada Komputer.

Dapat diprediksi bahwa SATA tidak akan tersingkirkan pada masa yang akan datang. Namun, media penyimpanan Komputer/Laptop yang utama diperkirakan akan tergeser oleh M.2 yang mungkin lebih unggul pada kecepatan. Tipe konektor M.2 ini standar terbaru yang kemudian beberapa pengguna belum mengetahui tipe koneksi seperti ini.

Tips Memilih SSD Tipe Konektor M.2

ssd m.2 nvme terbaik

Pada poin ini saya akan membahas cara memilih SSD dengan tipe konektor M.2 ini, sebenarnya tips memilih SSD dengan tipe konektor M.2 ini sangatlah kompleks, karena banyak perbandingan antara brand-brand. Tetapi, pada poin ini saya akan mengulas beberapa poin saja yang menurut saya ini akan menjadi poin patokan Anda untuk memilih SSD dengan tipe konektor M.2 ini.

Pilih SSD Tipe M.2 Sesuai dengan Standar Koneksi

SSD M.2 ini memiliki dua standar untuk koneksi internal PCI Express 3.0 x 4 dan SATA 3.0. Kedua koneksi internal ini sama sekali tidak memiliki kompatibilitas dan memiliki torehan yang dalam terhadap terminal koneksi pada board SSD yang berbeda. Maka, dengan demikian koneksi internal ini hanya bisa dipergunakan untuk standar yang tetap.

Kecepatan transfer kedua standar memiliki suatu perbedaan dengan kecepatan transfer tinggi yakni 32 Gb/s untuk PCI Express 3.0 x 4. Maka, sementara itu, kecepatan transfer untuk SATA 3.0 yakni sebesar 6 Gb/s. Yang artinya, kecepatan PCI Express 3.0 x 4 lima kali lebih cepat dibandingkan SATA 3.0.

Jika memang Anda memerlukan media penyimpanan yang kencang(wush) Anda dapat memilih koneksi PCI Express 3.0 x 4. Tetapi koneksi ini dapat menghasilkan suatu dampak yang mungkin jika proses terlalu lama akan menimbulkan suhu panas yang cukup tinggi yang mengharuskan Anda memasang heat sink.

Pilih Ukuran yang Sesuai, Agar Cocok

SSD M.2 tipe 2280 merupakan tipe yang unik dan tidak biasa, serta dapat digunakan tanpa kendala jika menggunakan motherboard yang kompatibel dan cocok dengan konektor M.2 tersebut. Maka banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan jika memilih SSD dengan tipe konektor M.2 ini.

Ada kemungkinan bahwa, SSD M.2 tipe 2280 ini tidak kompatibel alias tidak dapat dipasang pada komputer yang kompatibel dengan SSD M.2. Hal ini dapat saja terjadi pada motherboard yang berukuran lebih kecil dan terpasang pada barebones kit. Maka dari itu Anda dapat mencari SSD M.2 yang ukurannya lebih kecil seperti tipe 2260 atau 2242. Dengan begitu, tipe 2260 dan 2242 ini relatif sulit untuk dicari karena jumlahnya yang sedikit dan harga relatif mahal.

Pilih Kapasitas Penyimpanan Sesuai Aplikasi

Disarankan untuk Anda untuk memilih kapasitas penyimpanan yang sesuai PC yang Anda gunakan, karena SSD M.2 ini dijual dengan berbagai pilihan kapasitas.

SSD dengan kapasitas 128 GB sudah cukup bagi Anda yang hanya ingin memasang OS dan perangkat lunak minimun pada Komputer/Laptop Anda. Tetapi jika menyimpan data seperti foto, file, musik, dll maka dibutuhkan kapasitas yang 2 kali lebih besar yakni 256 GB untuk membendung file-file Anda.

Harus Anda garis bawahi bahwa semakin besar ukuran yang dipilih, maka semakin mahal juga harganya, jadi sesuaikan dengan pemakaian perangkat Anda saja. Mengapa demikian? Karena dikhawatirkan Anda membeli SSD dengan kapasitas besar dengan file yang sedikit, kan tidak seimbang.

2 Rekomendasi SSD M.2 NVMe Terbaik dan Berkualitas

Nah, pada poin ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi SSD M.2 yang mungkin dapat Anda temukan di berbagai marketplace populer yang seringkali kita jumpai. pada poin ini saya akan membahas dari segi keunggulan dan karakteristik dari SSD M.2 ini sendiri. Maka dari itu pilihlah SSD sesuai dengan kebutuhan Anda.

M9Pe(G) PX-512M9PeG

ssd m.2 nvme terbaik

Siapa yang hobby bermain game? Maka SSD M.2 ini sangat disarankan untuk para gamers. Transmisi antarmuka terbaru NVMe PCI Express Gen 3 x 4 mampu memberikan transmisi yang cepat. Sequential read/write yang mencapai 3200 MB/detik dan 2000 MB/detik, maka sementara itu spesifikasi random read/writenya mencapai 340000 IOPS dan 280000 IOPS.

SSD M.2 ini menyatukan fungsional dan nilai estetika dalam 1 produk. Selain memberikan kesan yang lebih indah, Cooling fins pada SSD tipe ini juga berfungsi untuk menghilangkan panas yang berlebih. Maka dari itu SSD tipe ini dapat memberikan kesan transfer data yang lebih cepat dan memiliki kinerja yang optimal pada sistem.

SSD 960 EVO MZ-V6E500

ssd m.2 nvme terbaik

SSD 960 EVO MZ-V6E500 ini memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya yang di mana mampu meningkatkan bandwith melalui interface NVMe yang dikombinasikan dengan Polaris Controller. Akibatnya, Anda mendapatkan Sequential R/W dengan kecepatan 3200/1800 MB/detik. Unggulnya lagi SSD ini dibekali dengan smart technology yakni TurboWrite mampu mengakleresasikan kemampuan dalam kecepatan write.

Dengan hadirnya Dynamic Thermal Guard dapat melindungi data dan menjamin kinerja yang responsif. SSD ini juga dibekali dengan software khusus guna memastikan firmware yang Anda pakai dapat di update secara otomatis. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mau ribet update firmware. 

Kesimpulan

Akhirnya, selesai sudah mengulas poin-poin penting di atas yang terbagi dari tips memillih SSD, serta rekomendasi terbaik yang menurut saya memiliki kriteria cukup baik. Pilihlah produk SSD M.2 sesuai dengan pemakaian Kompuer/Laptop Anda. 

Akhir Kata

Dengan hadirnya SSD ini, dapat diprediksi bahwa SATA masih dapat berdiri pada masa yang akan datang. Namun, mungkin media penyimpanan Komputer/Laptop utamanya dapat saja atau diperkirakan akan tergeser oleh hadirnya M.2 ini.

Mungkin itulah tulisan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul SSD M.2 NVMe Terbaik dan Berkualitas untuk Anda!. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "SSD M.2 NVMe Terbaik dan Berkualitas untuk Anda!"