Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

VGeN Hyper NVMe Review, Seberapa Cepat SSD M.2 Ini?

vgen hyper nvme review

Halo sobat kangajat.com - SSD M.2 ini merupakan penerus mSATA akibat diperlukannya ukuran SSD yang lebih tipis dan memiliki kecepatan transfer tinggi. SSD dengan koneksi M.2 ini cocok dengan ATA 3.0, PCI Express 3.0, dan USB 3.0. Saat ini, konektor M.2 dapat melakukan transfer data lebih cepat dibandingkan mSATA dan HDD pada Komputer, maka pada artikel ini saya akan bahas VGeN Hyper NVMe Review.

Dapat diprediksi bahwa SATA tidak akan tersingkirkan pada masa yang akan datang. Namun, media penyimpanan Komputer/Laptop yang utama diperkirakan akan tergeser oleh M.2 yang mungkin lebih unggul pada kecepatan. Tipe konektor M.2 ini standar terbaru yang kemudian beberapa pengguna belum mengetahui tipe koneksi seperti ini.

Oke kali ini saya akan mengulas tentang SSD M.2 NVMe VGeN 256GB ini, jika harddisk SATA dengan putarannya 7200 RPM itu rata-rata read/write nya 80-160 MB/s. Lalu seberapa cepat SSD sehingga dapat meningkatkan performa laptop secara menyeluruh?

Beberapa Tipe SSD

vgen hyper nvme review

Jika kita ulas lebih lanjut, sebenarnya terdapat beberapa tipe SSD, misalnya tipe SSD dengan konektor SATA yang biasanya bisa langsung menggeser atau menggantikan posisi harddisk yang berukuran 2,5" di laptop, karena masih memiliki konektor yang sama yakni SATA, dan biasanya dapat diprediksi bahwa SSD SATA ini memiliki kecepatan read/write hingga 400-600MB/s.

Adapun tipe SSD dengan konektor M.2 yang bisa memiliki kecepatan lebih dari konektor SATA yakni 1.800MB/s. Sedangkan M.2 yang memiliki teknologi NVMe bisa lebih ngebut kecepatannya hingga 2.500-3.500MB/s. Yang berarti 20 kali lebih cepat dari kecepatan harddisk.

VGeN Hyper NVMe Review Kecepatan

Nah, SSD VGeN M.2 NVMe ini tertulis bahwa kecepatan read hingga 3.500MB/s dan kecepatan tulis hingga 2.500MB/s. Apakah benar bisa mencapai kecepatan seperti itu? Markicob!

Yang seharusnya memiliki kecepatan readnya hingga 3.500MB/s, tetapi setelah dicoba, SSD ini memiliki kecepatan di atas rata-rata sedikit wkwk, yakni 3.650MB/s. Dapat dibilang bahwa kecepatan baca ini melebihi klaim VGeN yang bertuliskan 3.500MB/s.

Nah, kemudian akan kita coba test tulis dari SSD ini, ternyata kecepatan yang dihasilkan yakni tidak lebih dari klaim VGeN yakni 2.500MB/s. Namun malah jauh lebih rendah. Tidak puas dengan hasil tersebut, sehingga mencoba beberapa kali test tulis yang di mana kecepatan mentok di 650-870MB/s. Bahkan tidak lebih dari 1.000MB/s.

Penjelasan VGeN Hyper NVMe Review

Memang SSD VGeN M.2 NVMe merupakan SSD yang relatif memiliki harga yang terjangkau, bahkan dapat dibilang paling murah, dibanding dengan SSD NVMe dengan brand lain. Sepertinya harus mencoba untuk membeli brand lain yang mungkin lebih populer yang memiliki klaim kecepatan baca 3.500MB/s dan kecepatan tulis hingga 3.000MB/s.

Tapi menurut saya sendiri SSD ini sudah cukup menarik dan jauh lebih baik dari pada harddisk yang sepertinya sekarang sudah mulai tergeserkan oleh hadirnya SSD ini, bahkan dapat kita lihat di pasaran bahwa banyak laptop yang segment entry level sudah mulai menggunakan SSD.

Jika laptop Anda masih menggunakan harddisk, maka saran saya coba untuk membeli SSD. Sangat disarankan untuk meng-upgrade harddisk menjadi SSD, dan ini merupakan tindakan yang benar.

Kesimpulan

Dari sekian banyak poin yang di bahas, maka dapat saya tarik kesimpulan bahwa SSD M.2 ini merupakan penerus mSATA akibat diperlukannya ukuran SSD yang lebih tipis dan memiliki kecepatan read/write tinggi. SSD dengan konektor M.2 ini cocok dengan ATA 3.0, PCI Express 3.0, dan USB 3.0. Saat ini, konektor M.2 dapat melakukan transfer data lebih cepat dibandingkan mSATA dan HDD pada Komputer.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa poin bahasan yang dapat saya paparkan pada artikel kali ini, harapannya bisa membuat Anda lebih mantap untuk upgrade dari harddisk ke SSD, mungkin itulah isi artikel dengan judul VGeN Hyper NVMe Review, Seberapa Cepat SSD M.2 Ini? Semoga bermanfaat & happy upgrade!

Posting Komentar untuk "VGeN Hyper NVMe Review, Seberapa Cepat SSD M.2 Ini?"