Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pusing Nyari Modal? Baca Cara Mencari Dana untuk Usaha Ini

cara mencari dana untuk usaha

Memiliki bisnis sendiri merupakan impian sebagian orang. Apalagi jika bisnis yang dijalankan dapat berjalan lancar alangkah senangnya hati ini. Memiliki modal yang cukup merupakan syarat utama saat mendirikan, merintis, ataupun menjalankan bisnis. Sayangnya masih banyak orang yang harus merelakan mimpinya akibat terkendala modal. Dibawah ini ada cara mencari dana untuk usaha.

Cara Mencari Dana untuk Usaha

cara mencari dana untuk usaha

Ada berbagai cara untuk mendapatkan modal usaha. Tinggal pilih saja mau cari cara yang cepat, lama, mudah, atau ribet. Semua pilihan ada di tangan kamu. Nih biar gak bingung simak ulasan di bawah ini sampai tuntas ya.

Menabung

Cara mencari dana untuk usaha yang pertama adalah dengan menabung. Nah nabung ini bisa dimulai dengan kamu mencari kerja terlebih dahulu. Sebagian uang yang kamu peroleh disimpan di tempat terpisah. Misalnya membeli celengan atau membuka rekening bank khusus. Jangan campur uang untuk menyambung hidup harian dengan tabungan modal usaha.

Simpan ditempat yang aman usahakan untuk tidak pernah mengambilnya walaupun cuma serupiah. Hati hati jika menyimpan uang di rumah dalam pecahan uang kertas. Cara ini membutuhkan kesabaran dan konsistensi sebab membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Menggadaikan Barang Berharga

Cara kedua yang bisa kamu pilih adalah dengan menggadaikan barang berharga yang kamu miliki ditempat Pegadaian. Misalnya kendaraan, rumah, perhiasan atau tanah. Kelebihan dari menggadai barang adalah kamu bisa mendapatkan kembali barang berharga kamu jika usaha yang dijalankan berjalan lancar dan berhasil balik modal. Jika belum pun kamu bisa mengajukan tambahan tenggat waktu penebusan. Jika kamu tidak ingin menebus barang tidak akan menjadi masalah.

Mencari Pinjaman Bank

Mencari pinjaman dari bank banyak dilakukan oleh para pengusaha untuk mendapatkan suntikan dana. Prosesnya cepat dan mudah sayangnya bunga bank sangat tinggi dan membutuhkan jaminan. Jika tidak bisa melunasi maka bisnis kamu berada dalam bahaya.

Namun saat ini ada beberapa bank yang memberikan fasilitas khusus kredit untuk para pengusaha. Misalnya adalah KUR dari bank BRI. Syarat kredit mudah, proses cepat, bunga ringan dan untuk tenor tertentu tanpa jaminan. Sayangnya fasilitas ini memiliki batas limit dan hanya diperuntukkan untuk usaha mikro menengah kebawah. Bagi pebisnis pemula sebaiknya hindari pinjam dari bank sebab resikonya tinggi.

Baca juga: nama toko yang bagus

Mencari Investor

Mencari investor bisa menjadi solusi untuk mendapatkan dana tanpa harus pusing bayar angsuran. Cara mencari dana untuk usaha lewat investor walaupun memiliki resiko rendah namun cukup ribet awalnya. Pertama kamu harus membuat proposal usaha terlebih dahulu yang berisi tentang visi, misi, jenis usaha, gambaran produksi, biaya produksi, strategi pemasaran, analisa SWOT, dan lain sebagainya.

Langkah selanjutnya adalah mencari investor dan meyakinkan mereka jika bisnis yang sedang kamu jalankan memiliki prospek yang bagus. Diperlukan usaha yang besar serta kesabaran ekstra tinggi untuk mendapatkan seorang investor. Usahakan untuk memberikan data nyata dan jujur dalam proposal kamu. Setelah mendapatkan investor jangan lupa untuk membuat kontrak kerja sama.

Meminjam Uang Kepada Keluarga

Cara mencari modal selanjutnya adalah dengan meminjam uang kepada sanak saudara ataupun keluarga. Jika memiliki orang tua yang mampu dalam hal ekonomi coba bicarakan baik-baik dengan orang tua kamu perihal rencana bisnis yang akan dijalankan. Kenapa harus orang tua? Sebab merekalah satu-satunya orang yang mau membantu kamu tanpa pamrih dan yang paling tulus. Gunakan bahasa sopan dan halus saat meminta kalau perlu ciptakan suasana yang nyaman dan cari momentum yang cocok.

Cara selanjutnya adalah meminjam ke sanak saudara seperti saudara kandung atau om dan Tante. Namun cara ini harus menyiapkan hati dan mental yang kuat kalau-kalau mereka tidak mau meminjam dan malah mencaci maki. Meminjam kepada keluarga memang lebih aman sebab tidak ada bunga dan tenggat waktu yang mencekik. Tapi perlu diingat untuk segera mengembalikan uang mereka jika sudah balik modal.

Cara mencari dana untuk usaha sangat beragam. Carilah mana yang paling sesuai dengan kondisi kamu sekarang. Sabar jangan terburu-buru ketika mencari modal tambahan. Buatlah rencana bisnis kamu secara terstruktur dan rapi supaya modal dapat digunakan secara maksimal dan tepat sasaran. Informasi tentang bisnis lainnya cek website. https://wongcerdas.com

Posting Komentar untuk "Pusing Nyari Modal? Baca Cara Mencari Dana untuk Usaha Ini"