Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Microsoft Word : Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

mengenal-microsoft-word

kangajat.com - Hallo kawan - kawan, apa kabar? Disini kita akan belajar tentang Microsoft Word dan pada seri pertama ini saya akan menjelaskan Apa itu Microsoft Word. Oke pasti Word sudah familiar dengan kalian bukan? atau belum tau apa itu Microsoft Word ? oke tidak apa - apa jika kalian tidak mengetahui - nya, disini kita akan bahas dengan beberapa part, disini saya membuat tag Word Warrior yang akan kemungkinan artikel ini akan saya bahas lebih lanjut, Oke selamat menyimak.

Sejarah Microsoft Word

Microsoft Word pertama didirikan pada tahun1983 dengan sebuah nama yang simple yaitu Multi - Tool Word untuk Xenix, lalu setelah itu Microsoft mengembangkan beberapa versi untuk Sistem Operasi seperti DOS (1983), Apple Macintosh (1984), Microsoft Windows (1989). dan setelah menjadi bagian besar dari Microsoft Office System 2003 - 2007 diberi nama Microsoft Office Word, dan di Microsoft Office 2013 hanya diberi nama Word saja. 

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word atau seringkali disebut "Word" oleh kalangan orang di Indonesia, Microsoft Word adalah salah satu software yang dikembangkan oleh Microsoft dan Word ini berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata, membuat, memproses dan memanipulasi dokumen. Word sering diartikan Word Processing nah inilah yang sebenarnya mengartikan bahwa Word adalah software pengolah kata.

Pada 25 Oktober 1983 Microsoft menerbitkan program untuk IBM PC. yang dimana pada saat itu program pengolah kata sedang familiar dengan WordPerfect dan Wordstar.

Word juga memiliki sebuah konsep yang unik yaitu "What You See Is What You Get" atau WYSIWYG, Kata ini berarti Apa yang anda lihat adalah apa yang anda dapatkan, dan Word adalah program pertama yang dapat mencetak tebal dan miring pada IBM PC.

Fungsi Microsoft Word

Membahas tentang fungsi, setiap hal di dunia ini pasti memiliki fungsi masing - masing, lantas apa fungsi yang bisa digunakan pada saat menggunakan Microsoft Word ?

1. Membuat sebuah dokumen 

Sesuai dengan pengertian, Microsoft Word adalah program pengolah kata, sudah dapat kita simpulkan bahwa mengolah data yang dimaksud itu adalah dokumen.

2. Membuat tabel 

Tabel adalah sebuah tempat untuk menyimpan data yang terdiri dari Field (Kolom) dan Record (Baris). Dan tentu membuat tabel tidak hanya di Microsoft Excel pada Microsoft Word pun bisa. 

3. Surat menyurat 

Surat menyurat biasanya dilakukan dengan ditulis, dan setelah hadir - nya Microsoft Word dalam kehidupan kita, kita senantiasa lebih dimudahkan.

4. Memasukan gambar pada dokumen 

Menyisipkan suatu gambar pada dokumen, pada saat dahulu gambar hanya bisa kita tempel menggunakan lem, namun setelah hadir - nya Microsoft Word, kita dapat menyisipkan gambar apapun yang ingin kita sisipkan.

5. Membuat dokumen menjadi lebih menarik 

Pada saat dahulu, jika kita ingin menghias secercah kertas kita harus membuat sebuah frame dan lain - lain agar hasil dari hiasan tersebut maksimal, tetapi pada saat Microsoft Word hadir, Kita dapat menghias lebih mudah, simple, minimalis, dll.

Manfaat Microsoft Word

Setiap hal di dunia ini pasti memiliki manfaat yang berbeda - beda, jadi berikut adalah manfaat dari Microsoft Word ;

1. Mengurangi kesalahan dalam penulisan

Kesalahan dalam penulisan atau bahasa gaul - nya "typo" itu pasti sering terjadi pada saat kita berbincang di sosial media dan dalam membuat sebuah laporan, tesis, dll. Di Microsoft Word ini terdapat fungsi yang sangat bermanfaat yaitu "Auto Correct" atau dapat diartikan membetulkan kata - kata yang salah secara otomatis.

2. Mengemat Waktu

Pernahkah kita berfikir pada saat jaman dahulu sebelum adanya komputer,  proses menulis nya sangat lama sekali ? Ya jawabanya betul,  di Microsoft Word lah kita dapat menghemat waktu dengan seksama, karena kita hanya perlu menekan huruf per huruf di keyboard, supaya dapat tampil, dan itu pun sangat efisien terhadap waktu jika dibandingkan dengan jaman dahulu.

3. Simple

Simple ? ya Microsoft Word itu simple hanya kita yang harus mengetahui tata letak Tools yang terdapat pada Ribbon - Ribbon tertentu, InsyaAllah kalian akan dengan cepat menguasai Microsoft Word. 

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian, Artikel tentang , semoga bermanfaat untuk kalian, semoga seri artikel ini dapat berlanjut, Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jangan lupa bagikan kepada teman - teman kalian yang ingin tau, Jika ada yang ingin ditanyakan terkait Artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar, Dukung terus Website saya, agar saya semangat membuat Artikel yang bermanfaat untuk kalian semua, Terima Kasih~

1 komentar untuk "Microsoft Word : Pengertian, Fungsi, dan Manfaat"

  1. Mantab gan, selama ini tahunya hanya makai. Nggak tahu sejarah dan lainnya...mksh 🙏

    BalasHapus